Teknik Pemasaran Online Untuk Usaha Kecil Menengah

Usaha kecil menengah atau lebih dikenal dengan UKM di Indonesia saar ini hampir mencapai 56 juta usaha. Dari jutaan UKM yang telah ada meramaikan dunia kerja di Indonesia, terdapat 107 juta manusia yang telah menggantungkan kehidupannya di UKM tersebut. Melalui usaha kecil menengah (UKM) masyarakat Indonesia dituntut untuk kreatif. Nah, kreatif disini adalah menciptakan produk sampai memasarkan sebuah produk. Namun, sayangnya dari jutaan UKM di Indonesia hanya ada 10% saja para pelaku bisnis yang menerapkan teknik pemasaran online UKM.

Teknik Pemasaran online bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk memasarkan sebuah produk atu jasa dimana penjualannya dilakukan melalui internet atau dalam bahasa ekonomi adalah e-commerce. Pemasaran secara online ini tentunya memiliki manfaat bagi para pelaku bisnis, saat ini para pelaku UKM yang menerapkan teknik pemasaran online penghasilannya naik sampai 80% lebih tinggi dibandingkan dengan pelaku konvensional. Dengan pemasaran online jangakau menjadi lebih luas dan juga tidak terbatas, para calon konsumen bisa menemukan produk anda dimanapun mereka berada selama ada jaringan internet untuk mengaksesnya.

Lalu, Bagaimana Teknik Pemasaran Online Untuk Usaha Kecil Menengah?

Bagi anda yang sedang baru memulai menjual sebuah produk yang anda miliki secara online, tentunya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut beberapa teknik pemasaran online yang paling efektif bagi para pelaku usaha kecil menengah :

  1. Membuat Toko Virtual

Teknik pertama yang wajib anda lakukan yaitu membuat toko virtual. Toko virtual adalah sebuah toko online yang bisa dibuat secara gratis dengan syarat mengisi beberapa hal dan menentukan terlebih dahulu marketplace mana yang akan dijadikan sebagai toko virtual anda.

  1. Menggunakan Media Sosial Sebagai Periklanan

Setelah anda membuat toko virtual, langkah selanjutnya yaitu menggunakan media sosial sebagai media periklanan. Dalam hal ini tentunya anda perlu menganalisis terlebih dahulu media sosial mana yang paling banyak dikunjungi oleh banyak orang. Nah, agar mudah menentukan media sosialnya anda bisa menentukan terlebih dahulu target pasar anda, jika target anda adalah kalangan muda maka kemungkinan besar media sosial yang bisa anda gunakan saat ini adalah instagram.

  1. Blogging Atau Kontent Website

Teknik pemasaran online berikutnya yaitu menjadikan blogging atau kontent website sebagai media promosi. Disini anda terlebih dahulu harus membuat website atau blog tentang produk anda. Blogging adalah salah satu strategi yang mempunyai dampak positive bagi pemasaran online.

  1. Gunakan Situs Penyedia Iklan

Untuk teknik pemasaran online berikutnya yaitu memasang iklan melalui situs penyedia iklan seperti google adswords, SEO, Facebook ads, Instagram Ads dan masih banyak situs lainnya. Dengan memasang iklan di situs tersebut tentunya akan membuat pengiklanan UKM anda lebih optimal.

Itulah beberapa teknik pemasaran online usaha kecil menengah (UKM) yang bisa anda tiru untuk memulai bisnis. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *